BERDOA - Habib Luthfi saat berdoa di depan makam Mbah Jurangmangu
BERDOA – Habib Luthfi saat berdoa di depan makam Mbah Jurangmangu

PETARUKAN –  Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya, ulama kharismatik asal Pekalongan berziarah ke makam Mbah Jurangmangu, leluhur Desa Klareyan Kecamatan Petarukan. Didampingi Kepala Desa Klareyan, Ta’mir Masjid Ukhuwah Islamiyah (UI) dan anggota, Habib Luthfi langsung menuju ke makam Mbah Jurangmangu yang berada di Dusun Mangurejo RT.01 RW.04 Desa Klareyan Kecamatan Petarukan, Selasa dinihari (31/01) sekitar pukul 01.30.

Sesampainya di depan cungkub, dimana sudah berkumpul jajaran perangkat desa setempat dan juru kunci makam, Habib Luthfi langsung dipersilahkan masuk dan duduk persis di depan makam Mbah Jurangmangu. Habib Luthfi berdoa dan terlihat seperti sedang melakukan komunikasi bathin dengan leluhur Desa Klareyan tersebut.

“Perlu digali lagi secara mendalam tentang Mbah Jurangmangu ini kepada para orang tua yang mengetahui sejarah ini secara detail,”  kata Habib Luthfi kepada kepala desa dan masyarakat di sekelilingnya.

Setelah sejenak berdoa, tidak lama Habib Luthfi beserta rombongan yang ikut ke makam diantaranya Kapolsek Petarukan, AKP Imam Khanafi, panitia pembangunan masjid UI, H. Wismo dan anggota Banser  meninggalkan makam.

Disampaikan, Mbah Jurangmangu diyakini oleh masyarakat Desa Klareyan merupakan sesepuh, leluhur dan nenek moyang warga Desa Klareyan Kecamatan Petarukan. Dalam sejarah singkatnya dinamakan Jurangmangu karena di tempat itu (sekarang makam)  ada jurang yang dipergunakan untuk menyandarkan perahu milik sesepuh Klareyan tersebut. Oleh karenanya disebut Mbah Jurangmangu.

Terpisah, Kepala Desa Klareyan Kecamatan Petarukan, Tariyan menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas berkenan Habib Luthfi datang dan berziarah ke makam Mbah Jurangmangu. “Mudah-mudahan akan menambah keberkahan bgi warga masyarakat Desa Klareyan,” harapnya (wan)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *