Jelang Khaul Akbar ke-49, Panitia Tahlilan di Makam Mbah Buyut Jurangmangu

PIMPIN - Ustadz Ahmad Zamroni memimpin pembacaan Yaasin dan Tahlil dimakam Mbah Buyut Jurangmangu
PIMPIN – Ustadz Ahmad Zamroni memimpin pembacaan Yaasin dan Tahlil dimakam Mbah Buyut Jurangmangu

KLAREYAN – Jelang pelaksanaan Halal Bihalal dan Khaul Akbar ke-49 tahun 2017 yang dilaksankaan Sabtu (01/07) di maqbaroh/ pemakaman umum Desa Klareyan, panitia bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Klareyan menggelar tahlil dan pembacaaan surat Yaasin di makam sesepuh desa setempat, Jum’at (30/06).

Tahlil dan Yaasin ke makam Mbah Buyut Jurangmangu atau Sayid Abdurrahman bin Hasyim bin Yahya yang merupakan tokoh dan ulama tersohor saat itu diikuti oleh para asatidz, perwakilan pengurus musholla dan perangkat Desa Klareyan.

BACA YAASIN - Kepala Desa Klareyan, Tariyan saat mengikuti pembacaan Yaasin dan Tahlil di Makam Mbah Buyut Jurangmangu
BACA YAASIN – Kepala Desa Klareyan, Tariyan saat mengikuti pembacaan Yaasin dan Tahlil di Makam Mbah Buyut Jurangmangu

Kepala Desa Klareyan, Tariyan yang berkesempatan hadir menyampaikan, sebagai warga Klareyan, sudah selayaknya menjaga dan melindungi serta merawat makam leluhur desa dengan baik. Karena beliau merupakan pejuang dan perintis adanya Desa Klareyan hingga sekarang ini.

“Hal yang kami lakukan adalah dengan berkirim do’a melalui pembacaan Yaasin dan tahlil seperti ini,” jelasnya singkat.

Sementara itu masih dalam rangkaian kegiatan Halal Bihalal dan Khaul ke-49 tahun 2017, sebelumnya pada pagi hingga menjelang sholat Jum’at, juga diadakan pembacaan Alquran 30 juz di Masjid Ukhuwah Islamiyah (Masjid-UI)  Desa Klareyan Kecamatan Petarukan. Pembacaan Alqur’an yang dibaca oleh  5 orang hafidz  (penghafal Alqur’an)  dari Pemalang dan disimak oleh para asatidz dan panitia dari Badan Kemakmuran Masjid (BKM)  Ukhuwah Islamiyah Desa Klareyan.

Ketua pengurus BKM-UI,  Ismail Husein menyampaikan terima kasih kepada para hafidz yang telah berkenan dan berpartidipasi memenuhi niat dan hajat panitia.  “Ini kali pertama panitia menyelenggarakan Qiroatil Qur’an Bil-ghaib,” jelasnya.

Selain bil-ghaib,  seperti biasa panitia juga menyelenggarakan Qiroatil Qur’an bin-Nadhor yang dibaca oleh 120 orang yang terdiri dari ulama,  asatidz dan pengurus musholla se Desa Klareyan. “Kegiatan dilaksanakan di maqbaroh/ makam umum Desa Klareyan, ” kata  Ismail.

Dia mengatakan, sinergitas antara BKM-UI, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Klareyan yang telah terbina selama ini bisa terwujud dengan kegiatan rutin tahunan berupa halal Bihalal dan Khaul Akbar. “Mudah -mudahan akan terus berlanjut,” harapnya (wan)

AdminDesa

Agus Aryanto adalah anak pertama dari pasangan suami istri SURASDJO dan SRI RAHAYU dari 3 bersaudara Lahir di Pemalang, 31 - Mei - 1976 Pekerjaan : Perangkar Desa Klareyan Jabatan Sekretaris Desa. Lulus SD Negeri 03 Klareyan Pada Tahun 1986 Lulus SMP Negeri 1 Petarukan Tahun 1992, Lulus SMA Negeri 1 Pemalang Tahun 1995 dan pernah mengenyam kuliah di salah satu Akedemi Swasta di Semarang tp tidak lulus,,, tapi sekarang ikut UT Pokjar Merdeka Ulujami LHO ( Nyaur utang karo Bapak and Ibu ) hehehehe menikah dengan Syarifatul Umah dan sekarang dikaruniai dua anak, laki2 dan perempuan, RESTU HAIKAL FARDA dan NAYLA HANIDA

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *