Kepala Desa Backup Kekurangan Anggaran HUT RI

SAMBUTAN - Kepala Desa saat memberikan sambutan dalam rapat panitia HUT RI ke-72 di pendopo balaidesa

KLAREYAN – Kekurangan anggaran yang digunakan untuk merayakan dan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 tahun 2017akan ditanggung oleh Kepala Desa Klareyan. Demikian disampaikan Kepala Desa Klareyan, Tariyan dalam rapat bersama panitia dan perangkat desa di pendopo balaidesa setempat, Jum’at malam (28/07).

Lebih lanjut Tariyan mengatakan, keputusan yang diambil tersebut sebagai salah satu tanggung jawab pimpinan agar peringatan HUT RI tetap berjalan, namun tidak terlalu membebani warga untuk ditarik iuran seperti tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini untuk kekurangan anggaran biar saya nang nanggung,” jelasnya.

Ketua LPMD selaku tim pengarah, Zaenuri menyampaikan, kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 seperti biasa akan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang puncaknya pada malam resepsi akan digelar hiburan berupa orkes. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang puncak acaranya dengan hiburan wayang golek/ kulit.   “Namun demikian, yang sakral pada kegiatan wungon dan karnaval,” kata Zaenuri.

Sementara itu, Sekretaris Desa Agus Aryanto menyampaikan, kegiatan dalam rangka HUT RI agar dirembug bersama apakah akan menggunakan pendekatan anggaran atau pendekatan kegiatan. Jika pendekatan anggaran, maka kegiatan yang nanti akan disusun harus dan sesuai dengan anggaran yang ada. Tetapi sebaliknya jika menggunakan pendekatan kegiatan, berapapun anggaran yang akan diplot harus sesuai dengan banyaknya kegiatan yang disetujui dalam forum musyawarah nanti.

Ketua Panitia HUT RI ke-72 H. Endro menyatakan, setelah melalui musyawarah yang cukup panjang dengan bebagai pembahasan yang ada, akhirnya disepakati bahwa panitia menggunakan pendekatan anggaran, namun kekurangan ditanggung oleh kepala desa.

Disampaikan, anggaran kegiatan HUT RI ke-72 tahun 2017 tingkat Desa Klareyan sebesar Rp. 29.100.000. Untuk menopang anggaran sebesar itu diambilkan dari penyisihan Rastra dari bulan Januari sampai dengan Desember yang diasumsikan maksimal sebesar Rp. 20.000.000. Kekurangan Rp. 9.100.000 ditanggung sepenuhnya oleh kepala desa.

Kepala Desa Klareyan menambahkan, pertimbangan kenapa tidak menarik iuran dari masyarakat karena dalam kegiatan tersebut ada hiburan berupa orkes yang dalam kalangan tertentu masih belum menerimanya.  Oleh karenanya agar kegiatan bisa tetap berjalan, sementara masing-masing keinginan masyarakat harus dipenuhi maka jalan yang ditepuh seperti itu. “Melayani keinginan banyak orang harus sabar, makanya karena tahun lalu sudah naggap wayang, sekarang gantian orkes dan ini semata-mata agar warga Desa Klareyan tetap kompak, bersatu dan tetap mengedepankan kebersamaan untuk membangun desanya lebih baik dan maju,” paparnya.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ke-72 tingkat Desa Klareyan diantaranya ada berbagai lomba, mulai dari lomba anak, sampai lomba K3 antar Dusun. Pada kegiatan Sedekah bumi juga akan dibacakan Al-qur’an 30 juz dan mengundang mubaligh dari Pemalang. Wungon, karnaval, pentas seni dan malam resepsi juga akan digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017.(wan)

JADWAL KEGIATAN

No.

Tanggal Kegiatan

Tempat

1 15 – 16 Agustus Sedekah Bumi Makam Mbah Buyut
2 16 Agustus (Malam) Wungon Balaidesa
2 17 Agustus Mulai ada lomba-lomba Sekitar Balaidesa
3 26 Agustus (Siang) Karnaval Keliling Desa
4 26 Agustus (Malam) Pentas Seni Balaidesa
5 27 Agustus (Malam) Resepsi dan Hiburan Orkes Lapangan OR

 

About AdminDesa 18 Articles
RIDHO UTOMO, S. Kom adalah anak ke Empat dari pasangan suami istri DAKIYO dan TURIYAH dari 6 bersaudara Lahir di Pemalang, 02 - Januari - 1989 Pekerjaan : Perangkat Desa Klareyan Jabatan Kaur Perencanaan. Lulus SD Negeri 05 Klareyan Pada Tahun 2001, Lulus SMP Negeri 4 Petarukan Tahun 2004, Lulus SMA Negeri 1 Ulujami Tahun 2007 dan melanjutkan S1 di STMIK WIDYA PRATAM, menikah dengan Nia Astarina, S. Pd dan sekarang dikaruniai satu anak perempuan TIARA ARUM EKA PUSPITA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*