Warga Klareyan Banjiri Khaul Akbar ke-49

HIDMAT - Pengunjung hidmat mendengarkan ceramah dari mubaligh
HIDMAT - Pengunjung hidmat mendengarkan ceramah dari mubaligh
HIDMAT – Pengunjung hidmat mendengarkan ceramah dari mubaligh

KLAREYAN – Warga Desa Klareyan Kecamatan Petarukan dan sekitarnya membanjiri pelaksanaan Pengajian Akbar dalam rangka Halal Bihalal dan Khaul ke-49 tahun 2017 di Tempat Pemakaman umum (TPU) atau maqbaroh desa setempat, Sabtu (01/07) kemarin.

Mereka sebagian besar adalah anggota keluarga Shohibul Khaul yang telah mendaftarkan diri ke panitia dan mendapat undangan untuk bersama-sama hadir dan mendoakan para almarhum/ almarhumah sekaligus mendengarkan tausiyah dari para mubaligh.

Panitia halal Bihalal dan Khaul ke-49 yang dibackup oleh Badan Kemakmuran Masjid Ukhuwah Islamiyah (BKM-UI) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Klareyan dan didukung oleh seluruh masyarakat Desa Klareyan menghadirkan dua pembicara. Pertama  Habib Husein bin Muhammad Shodiq Al-Athos dari Pekalongan dan yang kedua KH. Junaedi Muhtar dari Kendal Semarang.

Tampak hadir Kepala Desa Klaryean, Sekdes-Agus Aryanto dan sejumlah perangkat desa lainnya. Tak terkecuali dari tokoh masyarakat dan jajaran pengurus BKM juga ikut hadir dan memeriahkan Halal Bihalal dan Khaul ke-49 tahun 2017.

HADIRI - Kades Klareyan (dua dari kanan) duduk bersama panitia dan para mubaligh acara Halal Bihalal dan Khaul ke-49 di TPU Klareyan
HADIRI – Kades Klareyan (dua dari kanan) duduk bersama panitia dan para mubaligh acara Halal Bihalal dan Khaul ke-49 di TPU Klareyan

Kepala Desa Klareyan, Tariyan menyatakan, Halal Bihalal dan Khaul kali ini merupakan Khaul Akbar, dimana bersamaan dengan itu dilaksanakan Khaul sesepuh desa yang merupakan tokoh dan pejuang Islam pertama di Desa Klareyan yaitu Mbah Buyut Jurangmangu atau Sayid Abdurokhman bin Hasyim bin Yahya.

“Kemarin sore sudah dilaksankaan pembacaan Yaasin dan Tahlil di makam Mbah Buyut Jurangmangu, hari ini di makam umum sekaligus pengajian Halal Bihalal,” kata Tariyan.

Tariyan juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudan terjalin baik selama ini, baik antara pengurus BKM-UI maupun masyarakat Desa Klareyan sehingga kegiatan rutin tahunan bisa terwujud dengan baik.

Penanggung jawab kegiatan yang juga pengurus BKM-UI, Ismail Husein menyampaikan, tahun ini jumlah shohibul khaul (yang mengikuti anggota Khaul) mengalami peningkatan cukup signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun kemarin Shohibul Khaul berjumlah 2000 anggota, tahun ini 2.800 almarhum/ anggota.

“Mudahan mudahan tahun selanjutnya bisa terus meningkat,” ujarnya.

Dia mengatakan, Halal Bihalal dan Khaul yang dilaksanakan setiap tahun setelah Idul Fitri, bukan semata-mata hajat BKM,  namun hajat  masyarakat Desa Klareyan, oleh karena itu agar masyarakat saling nyengkuyung bersama agar pelaksanaanya bisa berjalan lancar dan sukses, terangnya (wan)

About AdminDesa 18 Articles
RIDHO UTOMO, S. Kom adalah anak ke Empat dari pasangan suami istri DAKIYO dan TURIYAH dari 6 bersaudara Lahir di Pemalang, 02 - Januari - 1989 Pekerjaan : Perangkat Desa Klareyan Jabatan Kaur Perencanaan. Lulus SD Negeri 05 Klareyan Pada Tahun 2001, Lulus SMP Negeri 4 Petarukan Tahun 2004, Lulus SMA Negeri 1 Ulujami Tahun 2007 dan melanjutkan S1 di STMIK WIDYA PRATAM, menikah dengan Nia Astarina, S. Pd dan sekarang dikaruniai satu anak perempuan TIARA ARUM EKA PUSPITA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*