Kepala Desa Lepas 7 Jamaah Calon Haji

DILEPAS - 7 JCH Desa Klareyan dilepas pemberangkatannya dari masjid UI Klareyan

KLAREYAN – Kepala Desa Klareyan Kecamatan Petarukan melepas 7 Jamaah Calon Haji (JCH).  Tradisi tahunan yang diselengarakan oleh pemerintah Desa Klareyan bekerjasama dengan Badan Kemakmuran Masjid Ukhuwah Islamiyah (BKM-UI)  Petarukan itu dilangsungkan di masjid Ukhuwah Islamiyah (Masjid UI) desa setempat, Sabtu malam (29/07).

 

Kepala Desa Klareyan, Tariyan menyatakan, acara penglepasan JCH dirintis antara pengurus masjid UI dengan Pemerintah Desa Klareyan sejak tahun 2008. Hingga sekarang sudah 9 tahun berjalan dan pihaknya berharap bisa eksis terlaksana dengan baik.

“Ini bisa dijadikan ajang silaturrahmi sekaligus berpamitan dan meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah dilaksanakan,” jelasnya.

SAMBUTAN - Kepala Desa Klareyan memberikan sambutan sekaligus secera resmi melepas 7 JCH
SAMBUTAN – Kepala Desa Klareyan memberikan sambutan sekaligus secera resmi melepas 7 JCH

Dia mengatakan, penglepasan 7 JCH asal Desa Klareyan juga sebagai sarana untuk saling mendoakan, diaman bagi JCH yang akan bertoalak ke tanah suci menunaikan rukun Islam yang kelima didoakan oleh warga agar diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan dari awal hingga kembali pulang ke tanah air. Sebaliknya warga maupun kepala desa juga minta didoakan agar diberikan desa yang makmur, sejahtera dan dijauhkan dari segala marabahaya.

“Minta tolong kepada bapak/ ibu nanti setelah sampai disana jangan lupa doakan agar Desa Klareyan menjadi desa yang sejahtera baldatun toyyibatun warobun ghofur,” pinta Tariyan.

Iring-iringan 7 JCH yang berpamitan dengan warga dengan cara bersalaman terus memutar mengelilingi serambi masjid yang cukup luas. Sesekali ada seorang JCH yang meneteskan air mata saat berpelukan sambil bersalaman kepada warga. Keduanya saling mendoakan untuk keselamatan dan kesehatan masing-masing.

7 JCH itu, lanjutnya, masing-masing adalah Rahadi bin Karngat pasangan suami istri dari Tuminah binti Carmadi warga RT. 03/01, Tarbu bin Dasiyan – Siti Saati binti Tasbi RT. 03/01, Mahruf bin Kalil – Hari binti Wastam RT. 03/04 dan Carito warga RT. 06/04 Desa Klareyan. Setelah mengikuti penglepasan, 7 JCH bertolak ke pendopo kabupaten untuk mengikuti penglepasan tingkat Kabupaten Pemalang dengan diantar oleh saudara atau sanak familinya selanjutnya akan bertolak ke asrama haji Donohudan untuk terbang melalui bandar udara Adi Soemarmo Solo. (wan)

About AdminDesa 18 Articles
RIDHO UTOMO, S. Kom adalah anak ke Empat dari pasangan suami istri DAKIYO dan TURIYAH dari 6 bersaudara Lahir di Pemalang, 02 - Januari - 1989 Pekerjaan : Perangkat Desa Klareyan Jabatan Kaur Perencanaan. Lulus SD Negeri 05 Klareyan Pada Tahun 2001, Lulus SMP Negeri 4 Petarukan Tahun 2004, Lulus SMA Negeri 1 Ulujami Tahun 2007 dan melanjutkan S1 di STMIK WIDYA PRATAM, menikah dengan Nia Astarina, S. Pd dan sekarang dikaruniai satu anak perempuan TIARA ARUM EKA PUSPITA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*