RIDHO UTOMO, S. Kom adalah anak ke Empat dari pasangan suami istri DAKIYO dan TURIYAH dari 6 bersaudara Lahir di Pemalang, 02 - Januari - 1989 Riwayat Pekerjaan : sebelumnya bekerja di Instansi Pedidikan Menengah Atas di SMA Negeri 1 Ulujami pada Tanggal 28 Februari 2009 s.d 24 November 2018 terakhir membidangi Staf Kurikulum dan Sekarang sebagai Perangkat Desa Klareyan Jabatan Kaur Perencanaan. Lulus SD Negeri 05 Klareyan Pada Tahun 2001, Lulus SMP Negeri 4 Petarukan Tahun 2004, Lulus SMA Negeri 1 Ulujami Tahun 2007 dan melanjutkan S1 di STMIK WIDYA PRATAM, menikah dengan Nia Astarina, S. Pd dan sekarang dikaruniai satu anak perempuan TIARA ARUM EKA PUSPITA.

PETARUKAN– Siskeudes merupakan suatu aplikasi sistim keuangan yang dibuat oleh BPKP. Pada awalnya aplikasi ini diberi nama SIMDA Desa sebagai standar pelaporan APBDes. Dalam perkembangannya berubah nama menjadi Siskeudes dan mulai disosialisasikan di desa-desa di seluruh Indonesia. Tujuan dibuatnya Siskeudes ini adalah untuk membantu desa dalam melaksanakan Perencanaan, Penganggaran, penatausahaan, dan Pembukuan Keuangan desa yang efektif, dan efisien.

Untuk menunjang hal tersebut, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang melaksanakan agenda pelatihan Siskeudes kepada para perangkat desa sebagai Perencanaan, Penganggaran, penatausahaan, dan Pembukuan Keuangan desa yang diikuti oleh 19 desa, dimana setiap desa mengirimkan 3 perangkat desa, masing-masing Sekretaris Desa, Kepala Urusan Perencanaan dan Kepala Urusan Keuangan, dan dilaksanakan selama 4 hari mulai Minggu-Rabu (1-4/7) di Hotel Duta Wisata Obyek Wisata Guci Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Pemalang, Drs. Tutuko Raharjo, MSi yang diwakilkan oleh bapak Sopan Sofyan dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan ini supaya dalam Perencanaan, Penganggaran, penatausahaan, Pembukuan dan pelaporan Keuangan desa akan lebih mudah penyusunannya.

Sedangkan, Camat Petarukan Drs. Sukisman, MA sangat mendukung pelatihan Siskeudes ini. Pihaknya berharap nantinya para perangkat desa dapat dengan mudah membuat laporan pengelolaan Keuangan desa. “Kegiatan pelatihan ini juga dibimbing oleh Tim satgas siskeude dari DINPERMASDES kabupaten Pemalang, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se Kecamatan Petarukan,” imbuh Sukisman.

Sementara, Edi Kusnadi, AMK dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) selaku ketua panitia dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari diadakannya pelatihan ini supaya perangkat desa nantinya mampu mengoperasikan sistim aplikasi keuanga desa (Siskeudes).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *